UJI COBA KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) 2021

Kota Lhokseumawe (MIN 3 Lhokseumawe) – Sebuah ajang kompetisi dalam bidang sains, yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali digelar secara daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi, dan secara luring untuk tingkat nasional. KSM 2021 bertujuan untuk memperteguh akhlaq mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi, diselenggarakan dengan beberapa tahapan pelaksanaan.

GHINA THUNHAQ

Setelah menyeleksi siswa sebagai peserta yang akan mengikuti kompetisi, dilanjutkan dengan melaksanakan pendaftaran peserta melalui aplikasi KSM, pada Sabtu (16/8) dilaksanakan Uji Coba KSM tingkat kabupaten/kota. Uji coba diselenggarakan dalam 3 sesi, dengan sesi 1 pada pukul 07.30 – 09.30 WIB, sesi 2 pada pukul 10.00 – 12.00 WIB dan sesi 3 pada pukul 12.30 – 14.30 WIB, dilaksanakan di MIN 1 Lhokseumawe. Adapun perwakilan dari MIN 3 Lhokseumawe dibidang matematika yaitu Dinika Khaira sedangkan dibidang sains yaitu Ghina Thunhaq.

Tujuan dari adanya kegiatan ujicoba ini untuk bahan evaluasi kekurangan yang nantinya dapat diperbaiki oleh pihak pusat sehingga ketika kegiatan Kompetisi sains madrasah dilaksanakan tidak ada masalah. Kegiatan ujicoba ini juga menjadi bahan evaluasi bagi masing-masing madrasah yang mengikuti Kompetisi sains madrasah agar lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini.

DINIKA KHAIRA

 Bimbingan, persiapan peralatan dan pembekalan materi akan terus diberikan para pembimbing kepada siswanya sebelum kegiatan KSM dilaksanakan. Kegiatan Kompetisi sains madrasah akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2021 dengan sesi yang sama dengan kegiatan ujicoba.

“Alhamdulillah para siswa yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah tingkat Kabupaten ini, kami senantiasa memberikan bimbingan untuk mereka. Selain mereka mendapatkan materi dari para pembimbing, mereka pun bisa mendapatkan arahan bagaimana caranya manajemen waktu yang baik, menentukan prioritas, dan lainnya.” Kata pembimbing 1 Ibu Saidah Nafsiah, S.Ag.

Aufar Riyandi, S.Pd selaku proktor dan pendamping 2 peserta KSM MIN 3 Lhokseumawe mengatakan bahwa “pelaksanaan ujicoba hari ini berjalan lancar walaupun di awal pelaksanaan ada sedikit kendala karena aplikasi KSM mengalami sedikit error sehingga agak molor sedikit.”

Uji coba diikuti seluruh peserta tingkat Kabupaten/Kota Lhokseumawe hingga selesai, dengan harapan pada saat pelaksanaan KSM semua berjalan lancar dan sukses dalam upaya mewujudkan madrasah yang mandiri berprestasi dapat terwujud.

 Sementara itu kepala MIN 3 Lhokseumawe Bapak Salman D, S.Pd  berharap “kesuksesan ujicoba KSM hari ini akan terus berlanjut hingga pelaksanaan KSM Tingkatkan Kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan pada Tanggal 23 Agustus 2021.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *